STEGANOGRAPHY

S T E G A N O G R A P H Y

Studi Kasus : Steganography pada Iklan di media cetak Surat Kabar

Sekilas mengenai Steganography

Menurut referensi yang didapatkan melalui Wikipedia Indonesia, Steganografi merupakan seni dan ilmu menulis yang menyembunyikan pesan tersembunyi dengan suatu cara tertentu sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada pesan rahasia yang disampaikan. Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat diantara garis-garis yang kelihatan. Sedangkan pengertian mengenai steganografi dalam buku Keamanan Sistem Informasi berbasis Internet yang ditulis oleh Budi Rahardjo, adalah sebagai berikut “pengamanan dengan menggunakan steganografi membuat seolah-oleh pesan rahasia tidak ada atau tidak nampak. Padahal pesan tersebut ada. Hanya saja kita tidak sadar bahwa ada pesan tersebut di sana”.

Teknik steganografi meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia (teks atau gambar) di dalam file-file lain yang mengandung teks, image, bahkan audio tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari file semula. Metode ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar. Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam prakteknya kebanyakan diselesaikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial, sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan. Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritma yang digunakan.

Lawan dari steganografi yaitu Steganalisis yang didefinisikan sebagai suatu seni dan ilmu dalam mendeteksi informasi tersembunyi. Sebagai tujuan dari steganografi adalah untuk merahasiakan keberadaan dari sebuah pesan rahasia, satu keberhasilan penyerangan pada sebuah sistem steganografi terdiri dari pendeteksian bahwa sebuah file yang diyakini berisikan data terselubung. Seperti dalam Kriptanalisis diasumsikan bahwa sistem steganografi telah diketahui oleh si penyerang dan maka dari itu keamanan dari sistem steganografi bergantung hanya pada fakta bahwa kunci rahasia tidak diketahui oleh si penyerang. Anti steganografi disebut sebagai Stegosystem yaitu berisi tentang penyerangan-penyerangan yang dilakukan terhadap suatu sistem steganografi.
Tugas yang dikerjakan

Pada studi kasus steganografi ini, diumpamakan ada seorang aktor intelektual pemilu yang akan mencoba mengirimkan pesan rahasia pada penerima pesan sebagai koordinator masa yang bertugas sebagai eksekutor pesan. Media yang digunakan pada studi kasus ini sebagai pengantar pesan rahasia adalah iklan pada media cetak yaitu surat kabar. Dengan demikian hal pertama yang akan dilakukan adalah membuat sebuah iklan dengan bentuk sewajar mungkin sehingga tidak akan tampak mencurigakan jika ada yang membacanya. Iklan tersebut tertuang pada gambar 1 di bawah ini, yaitu potongan iklan pada slot makanan dan minuman (dummy) :

Potongan Iklan Dummy Edi Triono Nuryatno

Potongan Iklan Dummy Edi Triono Nuryatno

Gambar.1 Potongan Iklan pada Media Cetak Surat Kabar (dummy)

Bila kita perhatikan dari potongan slot iklan pada media cetak surat kabar di atas, kita bisa melihat bahwa potongan slot iklan tersebut terdiri dari 2 buah iklan baris dan 2 buah iklan gambar. Pesan steganografi bisa saja terdapat pada masing-masing iklan tersebut, baik yang berupa iklan baris maupun iklan gambar. Iklan yang berisi pesan steganografi dapat dilihat pada gambar 2 di bawah ini :

Steganography by Edi Triono Nuryatno

Steganography by Edi Triono Nuryatno

Gambar 2. Iklan yang berisi pesan steganografi

Dimanakah letak pesan rahasianya?. Pesan tersebut berada pada sisi kanan iklan gambar di atas, dan bunyi pesannya adalah sebagai berikut :

“3 NOVEMBER 2008 PILIH NO 7”

Cara membacanya adalah sebagai berikut :

“dibaca huruf depan pada setiap kalimat, termasuk angka”

Panah Edi Triono Nuryatno

Pepes Ikan Lada
Ikan Hijau Nikmat
On 7 pm

3 November 2008, adalah tanggal yang telah ditentukan untuk pengerahan masa.

Mengapa studi kasus steganography ini dibuat pada iklan slot makanan dan minuman?, jawabannya adalah sebagai berikut :

  1. Iklan makanan adalah iklan yang lumrah dijumpai di banyak tempat, termasuk surat kabar
    Menu makanan dapat diganti-ganti sesuai isi pesan yang akan disampaikan
  2. Penulisan tanggal dapat berubah-ubah sesuai dengan pesan yang akan disampaikan, tanpa membuat orang yang membacanya curiga, kecuali si penerima pesan
  3. Penulisan waktu-pun dapat berubah-ubah serta dapat disesuaikan
  4. Lokasi restaurant-nya adalah tempat yang nyata ada serta tempat yang memang benar-benar beroperasi sebagai tempat makan yang juga sebagai kedok tersembunyi dari si pemilik pesan

Demikianlah studi kasus mengenai Steganography, semoga apa yang dituliskan dalam blog ini, tidak menjadi inspirasi bagi gerakan bawah tanah atau pengacau keamanan untuk menyampaikan pesan-pesan rahasianya. Serta semoga pula pihak aparat keamanan maupun intelijen keamanan negara, setelah melihat tulisan ini dapat lebih waspada terhadap kemungkinan penyampaian pesan rahasia dalam bentuk steganography di berbagai media, terutama media cetak. Akhir kata, semoga tulisan ini, dapat pula membantu referensi mengenai literatur steganography.

Referensi :

Bandung, 2 November 2008

R. E Triono Nuryatno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s